Selasa, 19 April 2011

KONTINGEN GARUDA XXIII-E Berhasil Melambungkan Lambang Garuda di Lebanon


Keberhasilan penugasan Kontingen Garuda XXIII-E bersama dengan UNIFIL, telah memperbesar peran serta Indonesia dalam pemeliharaan perdamaian di Lebanon Selatan dan atas permintaan PBB, Konga XXIII-E (INDOBATT) yang merupakan satuan Yonif Mekanis yang memiliki wilayah operasi di sektor timur UNIFIL adalah pasukan-pasukan terlatih dan berjiwa patriot serta senantiasa menjunjung tinggi perdamaian dunia.

Ada beberapa ciri kontingen Indonesia sekaligus jawaban atas pertanyaan mengapa Kontingen Indonesia dapat beradaptasi dengan cepat dan diterima dengan hangat oleh warga Libanon. Ciri ini sesungguhnya merupakan warisan para leluhur kita sebagai sebuah kearifan budaya yang telah mendidik kita menjadi salah satu bangsa paling ramah di dunia, jawabannya adalah SENYUM, SALAM dan SAPA.

berbagai program pemulihan rasa trauma pasca perang menjadi jurus lain kontingen Indonesia dalam memenangkan hati dan fikiran masyarakat Libanon. Di lingkungan misi PBB dimanapun berada, aktifitas pemulihan tersebut termuat dalam sebuah program kerja bernama CIMIC (Civil Military Coordination) atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan istilah Pembinaan Teritorial. Program-program tersebut diantaranya pemberian pelatihan keterampilan terapan seperti perbengkelan, pendidikan komputer bagi anak usia sekolah bahkan bagi ibu rumah tangga, medical assistance dan nursing, kerja bakti pembersihan lingkungan bersama masyarakat atau hanya sekedar membantu sebuah mobil masyarakat yang terkepung oleh hujan salju.



Indobatt lebih mengedapankan sentuhan kemanusiaan secara langsung daripada program–program pembangunan yang bernilai ratusan atau bahkan ribuan dolar. Mungkin hal ini pula yang membedakannya dengan program Cimic yang banyak dikembangkan oleh kontingen negara lain. Satu-satunya program Cimic yang cukup bernilai ekonomi hanyalah Smart Car, wahana multimedia keliling sumbangan Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2007 yang masih sangat berperan hingga 4 tahun ini.

Keikutsertaan Kontingen Indonesia dalam acara Olahraga dan Kesenian

Selain itu Kontingen Indonesia juga berpartisipasi di bidang olahraga yang telah dibuktikan keberhasilannya dalam event-event pertandingan maupun perlombaan yang diikuti antar Negara yang tegabung dalam UNIFIL, antara lain ; Juara 1 Lomba Menembak Pistol perorangan dan beregu se-UNIFIL, Juara 2 Lomba Lari Marathon se-Lebanon, serta peraihan medali-medali dalam turnamen olahraga lainnya diantaranya ; Tenis Lapangan, Tenis Meja, Basket, Volly, dll. Hasil yang membanggakan bagi Negara tercinta kita "Merah Putih" berkat duta bangsa yang bertugas di Lebanon yaitu Kontingen Garuda XXIII-E dibawah Komando Letkol Inf. Hendy Antariksa sebagai Komandan Satgas.

Dalam mengembangkan dan pengenalan Kesenian Indonesia di Mata Dunia, Kontingen Indonesia juga menampilkan kesenian budaya Indonesia pada acara-acara besar yang diselenggarakan di Lebanon, diantaranya ; tari kuda lumping, pencak silat, tari saman, tari perang, dll yang menampilkan citra kekayaan budaya Indonesia sehingga mendapatkan apresiasi dari seluruh masyarakat Lebanon dan negara-negara lain yang tergabung dalam Pasukan Perdamaian UNIFIL.

. (sonny's)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah datang di blognya sam son, bagi yang ingin berkomentar silakan (but don't spam OK ) dan bagi yang ingin mencopy artikel ini harap dicantumkan sumbernya ok.. dan MAAF NOT ACCEPT ANONYMOUS COMMENTS